Monday 2 March 2015

Siapakah Sang Penemu Tekhnologi 4G?

Kupumuda - Tekhnologi 4G telah ada di Indonesia berbentuk service Internet broadband nirkabel WiMax, sedang tekhnologi seluler Long Term Evoluiton (LTE) masih tetap belum ditata regulasinya.
Gembar gembor akan hadirnya tekhnologi 4G didunia serta di Indonesia sesungguhnya telah di beritakan sejak tahun 2005, yakni mulai sejak pertama kali 3G ada di Indonesia.

Siapakah Sang Penemu Tekhnologi 4G?

Indonesia pantas berbangga, lantaran penemu tekhnologi 4G yaitu orang Indonesia, dialah Prof. Khoirul Anwar, Sang penemu sekaligus pemilik hak paten tehnologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Khoirul Anwar yaitu alumni Tehnik Elektro ITB dengan cumlaude di 2000, lalu meneruskan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) serta mendapatkan gelar master di th. 2005 dan doktor pada 2008.

Beliau juga penerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, di California. Penemuan tekhnologi 4G berbasis OFDM diawalinya dengan cara menginspirasi kurangi daya transmisi untuk tingkatkan kecepatan transmisi data. Penurunan daya dikerjakan sampai 5dB saja (100. 000 = 10 pangkat 5 kali lebih kecil dari tekhnologi pada awal mulanya) serta akhirnya kecepatan transmisi bertambah. 

Pada paten keduanya, Khoirul Anwar kembali menggemparkan dunia dengan menciptakan terobosan baru, kesempatan ini yaitu meniadakan sekalipun guard interval/GI, sudah pasti ini jadi bikin frekuensi yang tidak sama bakal bertabrakan, alih-alih menaikkan kecepatan.

Tetapi, anak Indonesia asli asal Kediri ini mengkompensasi resiko itu dengan meningkatkan algoritma spesial di laboratorium, akhirnya interferensi itu bisa diatasi dengan unjuk kerja yang sama dengan system umum karenanya ada GI. Asisten Professor di JAIST ini masih tetap selalu mengasah kemampuannya. 

Walau berprestasi cemerlang di Jepang, sang penemu tekhnologi 4G ini (Khoirul Anwar) menaruh hasrat untuk kembali ke Indonesia bila sudah jadi salah satu tokoh terpenting di bagian telekomunikasi. 

Nah sekarang sudah tau kan siapa penemu tekhnologi 4G. Indonesia patut berbangga beliau, semoga beliau bisa segera pulang ke indonesia dan memajukan internet . Supaya internet di indonesia lebih wowowsss.. :D

No comments:

Post a Comment